Pengertian Jaringan Ad Hoc, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Ad Hoc

8:09 AM

Pengertian Jaringan Ad Hoc

Jaringan Ad hoc adalah salah satu jenis jaringan Wireless Local Area Network (WLAN) yang terdiri dari sekumpulan node-node yang berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa melibatkan node perantara seperti access point. Setiap node pada jaringan ad-hoc memiliki interface wireless. Node-node dalam jaringan ad hoc bersifat dinamis dan dapat berubah-ubah. Di dalam jaringan ad hoc setiap node bukan hanya berfungsi sebagai pengirim dan penerima informasi tetapi juga berfungsi sebagai pendukung jaringan tersebut seperti router. Karena itu jaringan ad hoc memerlukan routing protokol yang digunakan.



Karakteristik Jaringan Ad Hoc

Pada jaringan ad hoc, node - node tidak hanya berperan sebagai pengirim dan penerima data, namun dapat berperan sebagai penunjang node yang lainnya, misalnya mempunyai kemampuan layaknyarouter. Dengan demikian diperlukan adanya routing protokol dalam jaringan Ad Hoc untuk menunjang proses kirim terima antar node-nodenya. Berikut merupakan beberapa karakteristik pada jaringan Ad Hoc :

  • Dynamic topology - Sifat node yang mobile, maka topologi jaringannya sewaktu - waktu dapat berupa. Sebagai akibatnya routing protocol mempunyai masalah yang lebih kompleks dibandingkan dengan jaringan wired dengan node yang tetap.
  • Limited resources - Seperti jaringan wireless lainnya, jaringan Ad Hoc dibatasi oleh masalah daya dan kapasitas memori.
  • Multiple wireless link - Setiap node yang mempunyai sifat mobility dapat memiliki beberapa interface yang terhubung ke beberapa node lainnya.

Kelebihan & Kurangan Jaringan Ad Hoc

Kelebihan :
  • Bentuk komunikasi jaringan wireless yang sederhana sehingga konfigurasinya tidak rumit. Selain itu mode ini akan lebih cocok diterapkan ketika tidak infrastruktur wireless dan layanan seperti client server tidak diperlukan
Kekurangan :
  • keamanan jaringan utama yang menjadi terbuka. Jaringan wireless Ad-Hoc ini dapat dijadikan gateway bagi para penyusup untuk masuk ke dalam jaringan utamanya. Hal ini disebabkan karena jaringan ini sangat sulit untuk diatur secara terpusat selain itu sulit juga memonitor jaringan
  • Jaringan wireless Ad-Hoc dapat menimbulkan kekacauan bagi jaringan wireless yang sebenarnya, karena jaringan Ad-Hoc akan menggunakan bandwidth frekuensi yang terbatas yang juga digunakan oleh jaringan wireless sesungguhnya. Jadi, antara jaringan Ad-Hoc dengan jaringan wireless sesungguhnya harus saling berbagi bandwidth frekuensi.

Sekian artikel tentang pengertian jaringan ad hoc, kelebihan dari jaringan ad hoc dan kekurangannya, semoga bermanfaat untuk teman - teman semuanya.
Previous
Next Post »

1 comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

DMCA.com Protection Status