Pengertian jaringan komputer dan Jenis - jenis jaringan komputer

7:37 PM

Pengertian jaringan komputer

Jaringan komputer adalah 2 komputer atau lebih yang saling terhubung menggunakan media kabel maupun nirkabel. Dengan jaringan komputer memungkinkan kita untuk berbagi sumber daya seperti printer, berkomunikasi antar komputer di dalam satu jaringan, maupun berbagi koneksi internet. Baca juga artikel tutorial komputer lainnya Pengertian Switch dan Fungsinya



Jaringan komputer berdasarkan skalanya

  • LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang kecil seperti gedung - gedung perkantoran, kampus, dan lain - lain. Sebagai contoh sederhana penerapan LAN adalah warung internet (warnet). Jaringan LAN dihubungkan dengan media kabel UTP, keuntungan yang di dapat untuk penggunaan jaringan LAN antara lain hemat biaya operasional karena harga kabel   yang terjangkau dan penggunaanya yang tidak terlalu panjang, kecepatan transfer data yang tinggi karena jarak yang tidak terlalu jauh.
  • MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan komputer yang mecakup area antar kota, jaringan MAN bisa dikatakan jaringan LAN yang lebih besar dan biasanya digunakan untuk menghubungkan kantor - kantor yang berdekatan, bahkan antar kota dan lain- lainnya.
  • WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang jangkauannya sangat luas, WAN mencakup area kota, negara, bahkan benua. Contohnya adalah jaringan PT. Telkom, PT. Indosat dan operator selular lainnya.

Jaringan komputer berdasarkan cara pemrosesan data dan pengaksesannya

  • Host - Terminal yaitu terdapat sebuah atau lebih server yang dihubungkan dalam suatu dumb terminal. Dumb terminila hanya sebuah monitor yang dihubungkan dengan menggunakan kabel RS-232 maka pemrosesan data dilakukan di dalam server.  Oleh sebab tu, suatu server haruslah sebuah sistem komputer yang memiliki kemampuan pemrosesan data yang tinggi dan penyimpanan data yang sangat besar.
  • Clien - Server yaitu terdapat sebuah server atau lebih server yang dihubungkan dengan beberapa klien. Server bertugas menyediakan layanan bermacam - macam jenis layanan yang dapat diberikan oleh server, misalnya pengaksesan berkas, peripheral, database, dan lain sebagainya. sedangkan klien adalah sebuah terminal yang menggunakan layanan tersebut. Clien - Server berbeda dengan Host - Terminal karena pemrosesan data dilakukan di terminalnya sendiri dan karena itu server tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi karena pemrosesan data dilakukan di terminal klien.
  • Peer to Peer yaitu terdapat dua atau lebih komputer yang dihubungkan dengan media kabel/nirkabel. Peer to Peer. Prinsipnya, setiap komputer yang terhubung dapat menjadi server dan klien.

Jaringan komputer berdasarkan fungsinya

  • Client - Server yaitu jaringan komputer dimana ada komputer yang disiapkan sebagai penyedia sumber daya (server) dan pengguna sumber daya (client).
  • Peer to Peer yaitu jaringan komputer dimana semua komputer yang terhubung ke jaringan bisa menjadi penyedia sumber daya (server) dan pengguna sumber daya (client).
Sekian artikel tentang pengertian jaringan komputer dan jenis - jenis jaringan komputer, semoga bermanfaat untuk teman - teman semuanya. Baca juga artikel tutorial komputer lainnya Pengertian Switch dan Fungsinya
Previous
Next Post »
0 Komentar

Contact Us

Name

Email *

Message *

DMCA.com Protection Status