Macam - Macam Tipe jaringan di Virtualbox

11:07 PM
Pada artikel ini tutorial komputer akan menejelaskan tentang macam - macam tipe jaringan yang ada di virtualbox. Bagi teman - teman yang sudah biasa menggunakan software ini mungkin sudah tidak asing dengan virtual box, tapi bagi teman - teman yang belum tahu mengenai software ini, virtualbox adalah aplikasi virtualisasi yang memungkinkan kita untuk menginstall beberapa sistem operasi dan menjalankannya di dalam sistem operasi yang sudah terinstall di komputer kita. Virtualbox mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah kita dalam melakukan simulasi berbagai macam hal yang membutuhkan lebih dari 1 komputer. Selain mempunyai banyak manfaat virtualbox juga menyediakan macam - macam tipe jaringan yang memudahkan kita melakukan sesuatu, antara lain Not attched, NAT, NAT Network, Bridged networking, Internal networking, Host-only networking, Generic driver. Berikut adalah penjelasan yang lengkap macam - macam tipe jaringan di virtualbox :


Macam - Macam Jaringan Virtualbox

Not attached
Tipe jaringan ini, network terlihat pada OS Guest (sistem operasi yang terinstall di virtualbox) tapi tidak ada koneksi seolah - olah tidak ada kabel yang terpasang.

NAT
NAT (Network Address Translation) adalah tipe jaringan yang terpilih secara default setelah kita menginstall sistem operasi di virtualbox. Tipe jaringan ini memungkinkan OS Guest  terhubung dengan host (Sistem operasi tempat di install virtualbox) dan jika host memiliki koneksi internet, maka OS Guest juga dapat terhubung ke internet dengan tipe jaringan ini.

NAT Network
NAT Network adalah tipe jaringan memungkinkan OS Guest yang terhubung dengan dengan jaringan ini dapat berkomunikasi langsung dengan jaringan luar tapi sebaliknya jaringan luar tidak dapat langsung berkomunikasi dengan komputer yang berada pada jaringan NAT Network.

Bridged networking
Bridged networking adalah tipe jaringan yang memungkinkan OS Guest terhubung ke jaringan fisik OS Host memungkinkan OS Guest untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan fisik tersebut. Dengan kata lain, OS Guest dan OS Host adalah 2 komputer berbeda yang terhubung ke jaringan yang sama.

Internal networking
Internal networking merupakan tipe jaringan yang digunakan hanya untuk menghubungkan OS Guest yang terinstall di virtualbox.

Host-only networking
Host-only networking adalah tipe jaringan yang digunakan untuk menghubungkan OS Host dan OS Guest, berbeda dengan Bridged networking yang dapat terhubung ke jaringan fisik dari OS Host dan terlihat seperti 2 komputer yang berbeda di satu jaringan, tipe jaringan Host-only networking hanya menghubungkan OS Host dan OS guest tetapi tidak ke jaringan fisik.

Generic driver
Generic driver memungkinkan  komunikasi guest diantara beberapa host virtualbox. Tutorial komputer sendiri belum pernah mencoba tipe jaringan berikut jadi tidak dapat menjelaskan lebih detail mengenai tipe jaringan berikut.

Sekian artikel tentang macam - macam tipe jaringan di virtualbox, semoga dapat membantu teman - teman yang baru mau mencoba software virtualbox maupun yang sudah menggunakan virtualbox. Baca juga Cara membuat bootable flashdisk / USB menggunakan PowerISO

Previous
Next Post »
0 Komentar

Contact Us

Name

Email *

Message *

DMCA.com Protection Status