Pengertian dan Jenis File Sistem FAT32, exFAT, NTFS

8:16 AM
Pada saat ingin melakukan format flashdisk atau yang lain, windows menyediakan beberapa pilihan file system yang secara default untuk flashdisk menggunakan file system FAT32. Tentu terkadang kita bingung dengan perbedaan file system tersebut, pada artikel ini akan di bahas mengenai perbedaan dari FAT32, exFAT dan NTFS. File system adalah suatu metode pengorganisasian dan pengambilan file dari media penyimpanan, seperti hardisk. File sistem biasanya terdiri dari file yang dipisahkan menjadi kelompok yang disebut direktori dan direktori dapat berisi file atau direktori tambahan. Saat ini, file sistem yang paling umum digunakan pada Windows adalah NTFS.

Jenis - Jenis File Sistem

FAT32
FAT (File Allocation Unit) adalah sistem berkas yang menggunakan tabel alokasi berkas dalam penyimpanan file. Untuk saat ini file sistem FAT sendiri banyak dipakai pada sistem komputer dan kartu - kartu memori yang digunakan pada kamera digital maupun pemutar media portabel. Sedangkan FAT32 adalah versi dari paling baru dari FAT. FAT32 memiliki batas hingga 32-bit sehingga dapat menyimpan hingga 232 alokasi unit (4294967296 buah). Sistem operasi windows NT 5.x ke atas hanya mengizinkan pembuatan partisi FAT32 hingga 32 GB, lebih dari itu windows hanya menyediakan sistem berkas NTFS

exFAT
exFAT (Extended File Allocation Table) adalah sistem berkas yang cocok digunakan oleh media - media berbasis memori flash seperti usb flashdrive dan SD card. exFAT digunakan sebagai alternatif dari sistem berkas NTFS, karena memang NTFS memiliki struktur data yang relatif lebih besar ketimbang exFAT.

Keunggulan exFAT :
- Skalabilitas untuk hardisk yang berukuran besar.
- Ukuran berkas teoretis maksimal 264 (16 EiB). Sebagai perbandingan, FAT-32 hanya mendukung ukuran berkas maksimal hingga 232 (4 GB)
- Ukuran Cluster yang didukung hingga 2255 Sector, dengan batasan implementasi hingga 32 MB (Megabyte)

Kelemahan exFAT :
- Perangkat yang menggunakan file system exFAT tidak bisa menggunakan kemampuan ReadyBoost milik Windows Vista (namun pada Windows 7, Microsoft sudah membuat file system exFAT yang baru dengan dukungan ReadyBoost)
- Status lisensi yang belum jelas. Akan tetapi, Microsoft telah mempatenkan beberapa bagian dari file system FAT
- Tidak bisa diakses oleh sistem-sistem operasi Windows terdahulu, sebelum Windows Vista Service Pack 1 atau Windows CE 6.0

NTFS
NTFS (New Technology File System) adalah sistem berkas yang memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan dengan sistem berkas FAT dan menawarkan banyak fitur seperti pengaturan akses terhadap sebuah berkas atau direktori, penetapan jumlah quota dalam pemakaian hardisk, fitur enkripsi, serta toleransi terhadap kesalahan. NTFS adalah file system utama yang digunakan pada sistem operasi windows 10, windows 8, windows 7, windows vista, windows xp, windows 2000 dan windows NT.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Contact Us

Name

Email *

Message *

DMCA.com Protection Status