Pengertian dan Perbedaan Unicast, Multicast, dan Broadcast

9:58 PM
Pada artikel ini tutorial akan sedikit membahas tentang apa itu unicast, multicast, broadcast dan juga perbedaan dari ketiga address tersebut di dalam jaringan komputer. Unicast, multicast dan broadcast adalah suatu metode pengiriman pesan pada jaringan komputer yang masing - masing alamat tersebut memiliki perbedaan dalam fungsinya di dalam jaringan komputer. Baca juga artikel tutorial komputer lainnya Pengertian Router, Jenis - Jenis Router, Cara kerja router, Kelebihan & Kekurangan Router

Unicast

Unicast adalah metode pengiriman packet yang hanya ditujukan kepada satu perangkat saja dan jika suatu perangkat ingin mengirimkan packet ke beberapa perangkat sekaligus, maka perangkat tersebut harus mengirimkan beberapa packet dengan alamat spesifik yang ada pada packet untuk masing - masing perangkat. Untuk mengirimkan packet melalui unicast, sumber pengirim harus mengetahui ip address dari pengerangkat yang dituju. Sebagai  contoh dapat dilihat pada gambar dibawah, melalui unicast, sumber pengirim mengirimkan packet hanya ke satu perangkat yang dituju dan jika perangkat yang dituju lebih dari satu pengirim harus mengirimkan packet secara terpisah dan masing - masing packet memiliki alamat pasti perangkat yang dituju.



Broadcast

Broadcast adalah metode pengiriman yang mengirimkan packet ke semua perangkat pada jaringan. Broadcast dikenal juga dengan sebagai metode transmisi one to all (satu ke semua). Address tujuan dari pesan broadcast adalah alamat spesial yang ditentukan untuk pesan broadcast. Pada jaringan ethernet, broadcast dikirim ke alamat tujuan khusus yaitu, FF-FF-FF-FF-FF-FF-FF. Jika sebuah packet dikirimkan melalui broadcast address, semua perangkat yang terhubung ke jaringan yang sama akan menerima packet tersebut dan memprosesnya jadi semua perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut akan menerima packet yang sama.


Multicast

Multicast adalah metode pengiriman yang hampir sama dengan broadcast, dimana packet dikirimkan ke banyak tujuan sekaligus tetapi perbedaannya adalah tujuan dikelompokan berdasarkan grup - grup tertentu melalui alamat grupnya. Multicast menggunakan Internet Group Management Protocl (IGMP) untuk mengindentifikasi grup dan member grup. Multicast grup dilihat dengan alamat ip address khusus antara 224.0.0.0 sampai 239.255.255.255 dan setiap grup memiliki alamat ip nya sendiri di antara range ip tersebut.

Sebagai contohnya pada saat streaming audio atau video, tentu banyak komputer lainnya yang ingin melakukan streaming audio atau video tersebut secara bersamaan. Jika data dikirimkan sebagai broadcast, maka tidak perlu lagi proses untuk semua system. Dengan multicast data tersebut hanya dikirim sekali saja, tetapi diterima sekaligus oleh banyak komputer.



Sekian artikel tentang cara pengertian dan perbedaan dari unicast, multicast, dan broadcast. Semoga bermanfaat untuk teman - teman yang sedang belajar jaringan. Baca juga artikel tutorial komputer lainnya Pengertian Router, Jenis - Jenis Router, Cara kerja router, Kelebihan & Kekurangan Router
Previous
Next Post »

1 comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

DMCA.com Protection Status