Pengertian HUB, Fungsi dan Jenis - Jenis HUB

9:37 AM

Pengertian Hub

Hub adalah perangkat jaringan yang paling sederhana dalam suatu topologi jaringan komputer, karena perangkat ini tidak memerlukan konfigurasi khusus. Hub berfungsi sebagai penghubung komputer dalam suatu jaringan, penguat sinyal, dan juga sebagai konsentrator. Baca juga artikel tutorial komputer lainnya tentang Pengertian IP Address, Fungsi, Jenis, dan Kelas IP Address

Hub bekerja dengan cara ketika sebuah paket tiba di salah satu port, paket itu akan teruskan kepada semua port - port yang ada pada hub kecuali port dari paket itu berasal. Atau dengan kata lain hub hanya menyalin data ke semua port yang terhubung ke hub. Hal ini akan menyebabkan jaringan menjadi lambat dan hub dengan spesifikasi 10/100Mbps harus berbagi bandwidth dengan masing - masing port. Jadi ketika hanya satu PC yang sedang menggunakan jaringan, maka PC tersebut akan menadapat akses bandwidth maksimum yang tersedia. Namun, jika beberapa PC beroperasi dan menggunakan jaringan secara bersamaan, maka bandwidth akan dibagi kepada semua PC yang beroperasi, sehingga akan menurunkan kinerja jaringan.

Fungsi Hub

Berdasarkan fungsinya hub terbagi menjadi 2, yaitu :
- Pasif Hub, yaitu hub yang berfungsi sebagai pembagi jaringan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga tidak membutuhkan  aliran listrik tambahan.
- Aktif Hub, yaitu hub yang berfungsi sebagai penghubung jalur fisik dan juga sebagai penguat sinyal

Hub pada dasarnya merupakan sebuah perangkat pemisah sinyal (signal splitter). Disaat ada sebuah paket masuk ke salah satu port pada hub, maka paket tersebut di salin ke semua port yang ada pada hub kecuali port dari paket itu berasal dan semua komputer yang tersambung pada hub dapat membaca paket tersebut.

Setiap host yang tersambung ke hub dapat melihat paket ini tapi hanya host yang dituju saja yang dapat memprosesnya. Ini akan menyebabkan masalah network traffic, karena paket yang sebetulnya hanya ditujukan ke satu host harus disalin ke semua port yang ada pada hub. Hub dapat menghubungkan dan berfungsi agar semua komputer yang ada pada segmen yang sama dapat mengakses dan berkomunikasi antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lain dengan menggunakan konsep topologi jaringan.

Hub sendiri memiliki kelebihan, yaitu memungkinkan suatu perangkat / komputer untuk berbagi pada jalur yang sama, memiliki banyak port (4 sampai 24 port di tambah 1 untuk ke server atau hub yang lain). Sedangkan kekurangan dari hub adalah karena dapat berbagi jalur yang sama maka kecepatan komunikasinya juga harus dibagi dengan hub yang lainnya. Baca juga artikel tutorial komputer lainnya tentang Pengertian IP Address, Fungsi, Jenis, dan Kelas IP Address
Previous
Next Post »
0 Komentar

Contact Us

Name

Email *

Message *

DMCA.com Protection Status