Cara Restore / Recovery File Backup Hardisk dan Partisi Acronis Menggunakan Bootable Acronis True Image

8:22 AM
Jika pada artikel sebelumnya saya membuat tentang melakukan backup hardisk dan partisi menggunakan bootable acronis true image, maka pada artikel ini kali akan di perlihatkan bagaimana cara merestore / recovery file backup hardisk dan partisi acronis menggunakan bootable acronis true image. Cara ini juga dapat kita gunakan untuk meng copy sistem operasi dari sebuah komputer ke komputer yang lain tanpa harus menginstall sistem operasi secara langsung di komputer yang lain tersebut.

Bagi yang belum tahu, Acronis True Image adalah sebuah software dari acronis menyediakan proteksi data untuk personal user yang di dalamanya termasuk backup, arsip, akses dan recover untuk sistem operasi Microsoft, OSX,Ios dan Android. Acronis true image dapat melakukan restore image yang sebelumnya sudah dibuat ke hardisk yang berbeda, mereplikasi struktur dan konten yang ada dilamanya ke hardisk yang baru, juga dapat melakukan cloning pada hardisk dan melakukan resize partisi walaupun hardisk yang baru memiliki kapasitas yang berbeda. Format file backup yang digunakan acronis true image adalah .tib dan itu merupakan proprietary format yang hanya acronis true image dapat menggunakannya.

Baca Juga


RESTORE / RECOVERY DISK DAN PARTISI

  • Pasang bootable usb flashdisk acronis true image, lalu restart komputer dan booting melalui usb acronis true image
  • Pada tampilan acronis true image yang muncul pilih Acronis True Image, lalu masuk ke menu Recovery dan klik Browse for backup...

  • Berikutnya pada tampilan Browse for Location, pilih file backup yang sebelumnya sudah kita buat lalu klik OK. Sebagai contoh saya ingin merestore / recovery image dari drive C (Drive OS) komputer yang sebelumnya saya buat.

  • Lalu berikutnya setelah file backup kita pilih, klik Disk Recovery. Dan pada tampilan berikutnya klik Next

  • Berikutnya pilih Recover whole disks and partitions lalu klik Next.

  • Pada tampilan berikutnya, centang item yang ingin kita restore lalu klik NextSebagai contoh saya sebelumnya melakukan backup drive C, maka yang saya centang hanya partisi drive C seperti di gambar.

  • Pada tahap berikutnya, pilih lokasi tempat kita akan merestore / recover file backup tersebut dengan cara klik New location dan pada bagian partition destination pilih partisi / drive tempat kita akan merestore / recover file backup lalu klik Accept

  • Lalu klik Next dan Klik Proceed untuk memulai proses restore / recovery partisi

  • Tunggu hingga proses restore selesai / recovery dan setelah selesai klik OK

Close acronis true image lalu booting ke komputer dan cek apakah file backup acronis berhasil di recovery. Dengan cara ini juga kita dapat melakukan copy / cloning sistem operasi dari sebuah komputer ke komputer yang lain tanpa harus menginstall sistem operasi di komputer yang lain tersebut.  
Previous
Next Post »

1 comment

  1. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
    cobain open source project rancangan ane gan >

    IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

    (Tersedia Acronis 2018 & Norton Ghost)

    #SalamSatuTeknologi

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

DMCA.com Protection Status