Cara Melakukan Convert Partisi Hardisk MBR ke GPT Melalui System Recovery Options

5:33 AM
Jka di artikel sebelumnya sudah di bahas tentang Perbedaan Tipe Partisi Hardisk MBR (Master Boot Record) dan GPT (Guid Partition Table). Maka di postingan ini akan di perlihatkan bagaimana cara melakukan convert partisi hardisk MBR ke GPT melalui System Recovery Options. Banyak tool yang  dapat digunakan untuk melakukan ini, namun di postingan ini hanya akan memperlihatkan bagaimana cara convert menggunakan system recovery  options melalui CD/DVD atau bootable  windows. Sekilas tentang tipe partisi GPT  memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan MBR, diantaranya :

  • Mendukung media penyimpanan atau hardisk hingga 9 ZB (Zettabyte).Zettabyte merupakan 3 tingkat diatas Terabyte (TB). Diatas TB ada Petabyte (PB), Exabyte (EB), Zettabyte (ZB), dan Yottabyte (YB).
  • Mendukung hingga 128 Primary Partition.
  • Informasi file system dan lokasi sistem operasi disimpan lebih dari satu lokasi, sehingga jika yang utama rusak, sistem masih bisa berjalan normal menggunakan backup yang lainnya.


Berikut adalah langkah – langkah cara melakukan convert partisi hardisk MBR ke GPT:

Untuk melakukan convert hardisk ke GPT tidak bisa di lakukan pada saat dalam sistem operasi windows, oleh sebah itu untuk melakukan convert harus melalui system recovery optinos. Bisa lewat CD/DVD atau bootable windows, biasanya convert hardisk dari MBR ke GPT dilakukan pada saat sebelum melakukan instalasi sistem operasi Windows.

Baca Juga


Masukan CD/DVD atau pasang bootable windows, lalu booting melalui CD/DVD atau bootable tersebut.  

Pada tampilan awal instalasi windows 7, klik Next. Berikutnya klik Repair your computer


Pilih sistem operasi yang terinstall di komputer, klik Next. Berikutnya akan muncul tampilan System Recovery Options, klik Command Prompt


Pada tampilan command prompt yang muncul, ketik perintah ini diskpart lalu Enter. Setelah masuk ke DISKPART, ketik list disk lalu enter untuk melihat semua disk yang terpasang di komputer.


Pilih disk yang terpasang di komputer, dengan ketik select disk x ( x = nomor disk yang muncul setelah memasukan perintah list disk). Pada contoh di gambar select disk 0 dan biasanya disk yang terpasang di komputer merupakan disk 0. Berikutnya setelah disk terpilih, ketik perintah clean


Setelah itu masukan perintah convert gpt untuk melakukan convert disk ke gpt dan jika muncul pesan seperti gambar di bawah, maka convert disk ke gpt berhasil. 

Previous
Next Post »
0 Komentar

Contact Us

Name

Email *

Message *

DMCA.com Protection Status