Cara Mengatasi Lupa Password Bitlocker dan Menggantinya Dengan Recovery File Windows 7

9:05 PM
Cara Mengatasi Lupa Password Bitlocker dan Menggantinya Dengan Recovery File Windows 7 – Jika pada postingan sebelumnya di perlihatkan Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Bitlocker Drive Encryption di Windows 7, maka di postingan ini akan membahas cara mengatasi jika sewaktu – waktu lupa password bitlocker dan mengganti password tersebut menggunakan recovery file di Windows 7. Recovery file sendiri merupakan file yang kita simpan saat mengaktifkan fitur enkripsi bitlocker di windows dan file tersebut dapat digunakan jika sewaktu – waktu kita tidak dapat masuk ke drive yang di enkripsi.

Bitlocker Drive Encryption adalah suatu fitur enkripsi satu cakram penuh yang terdapat di dalam sistem operasi Microsoft Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 dan Windows Server 2008 yang di desain untuk melindungi data dengan melakukan enkripsi terhadap keseluruhan partisi. Secara default, Bitlocker Drive Encryption menggunakan algoritma AES dalam mode Code Block Chaining (CBC) dengan panjang kunci 128-bit, yang digabungkan dengan Elephant diffuser untuk meningkatkan keamanannya.

Baca Juga


Di Windows 7, fitur ini hanya tersedia di edisi Windows 7 Enterprise dan Ultimate, dan tidak ada pada edisi – edisi lainnya. Berikut adalah langkah – langkah Cara Mengatasi Lupa Password Bitlocker dan Menggantinya Dengan Recovery File Windows 7 :

Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, pastikan teman – teman sudah memiliki file recovery drive yang di enkripsi dengan format txt dan dengan nama default seperti gambar di bawah.


Buka file txt tersebut lalu copy bitlocker recovery key yang berada paling bawah


Setelah bitlocker recovery key di copy, buka My Computer lalu double klik drive yang ter-enkripsi. Berikutnya akan muncul permintaan untuk memasukan password, klik I forgot my password.


Berikutnya klik Type the recovery key. Setelah itu muncul tampilan Enter your recovery key, paste bitlocker recovery key yang sebelumnya sudah di copy lalu klik Next


Pada tampilan berikutnya muncul pesan You now have temporary access to this drive yang arti nya kita sudah dapat mengakses drive yang terkunci dengan bitlocker namun hanya sementara selama komputer belum di restart atau di matikan dan untuk membukanya kembali kita harus paste bitlocker recovery key seperti sebelumnya. 

Untuk membuat yang baru agar nanti nya kita dapat membuka drive dengan memasukan password, klik Manage Bitlocker. Lalu klik Change password to unlock the drive


Masukan password yang baru, klik Next. Lalu klik OK


Terakhir klik Close lalu Finish dan kita telah berhasil mengatasi dan mengganti password bitlocker di Windows 7...  :)


Previous
Next Post »
0 Komentar

Contact Us

Name

Email *

Message *

DMCA.com Protection Status