Cara Mengganti/Merubah Drive Letter Windows 7/8/8.1/10

9:22 PM
Cara Mengganti/Merubah Drive Letter Windows 7/8/8.1/10 - Di dalam penyimpanan data komputer, drive letter merupakan pengidentifikasian alfabetik ke suatu drive/partisi di hardisk kita. Atau bisa dikatakan drive letter merupakan enisial dari partisi/drive di komputer. Sebagai contoh, saat kita menginstall sistem operasi windows, drive letter yang di pakai sebagai letak dari sistem windows adalah drive letter C. Dan jika saat kita menginstall sistem operasi  windows membuat lebih dari 1 drive, maka berikutnya drive letter yang muncul di windows adalah D, E dan seterusnya. Kenapa drive letter dimulai dari C, kenapa tidak di mulai dari  A lalu B  baru C? Karena Drive letter A dan B di khususkan untuk floppy disk.

Baca Juga


Pada postingan ini akan di perlihatkan bagaimana cara mengganti drive letter di windows 7 namun bisa juga di pakai untuk windows 8, windows 8.1, dan windows 10. Kenapa mengganti drive letter di perlukan? Alasannya adalah agar urutan drive di komputer terlihat rapi. Sebagai contoh, jika di komputer kita hanya terdapat drive C untuk sistem windows lalu drive D untuk CD/DVD Drive lalu di kemudian hari kita membuat partisi baru untuk data kita, maka drive letter yang di gunakan berikutnya adalah E dan tentu kurang rapi dilihat jika setelah drive sistem C berikutnya CD/DVD drive (D) lalu baru data kita di drive E. Berikut adalah langkah – langkah cara mengganti drive letter tersebut :

Pada start menu, klik Computer. Di tampilan computer yang muncul, kanan computer lalu klik Manage.


Berikutnya akan muncul tampilan Computer Management, di bagian Storage pilih Disk Management. 


Pada tampilan disk management akan terlihat semua hardisk/disk yang terpasang pada komputer beserta volume yang ada di hardisk/disk tersebut dan yang akan kita ganti adalah drive letter dari volume. Klik kanan volume yang akan kita ganti drive letter, klik Change Drive Letters and Patch..


Berikutnya klik Change...lalu pilih drive letter yang tersedia, klik OK


Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah, klik Yes. Dan drive letter sudah berhasil di ubah sesuai yang kita inginkan...


Previous
Next Post »
0 Komentar

Contact Us

Name

Email *

Message *

DMCA.com Protection Status