Tipe – Tipe Network di Vmware Workstation

8:32 AM
Tipe – Tipe Network di Vmware Workstation – Vmware workstation merupakan apikasi virtualisasi sama hal nya dengan virtualbox, yang memungkinkan kita untuk untuk membuat virtual machine dan menjalankan virtual machine tersebut melalui vmware yang terinstall di komputer. Selain langsung membuat virtual machine, vmware workstation juga dapat melakukan remote ke server yang terinstall virtual machine di dalamnya. Pada bagian network, vmware memiliki beberapa tipe network sama seperti virtualbox, di antara nya, NAT, Bridged Adapter, Host Only, LAN Segment dan pada artikel ini akan di jelaskan fungsi setiap tipe network tersebut. Berikut adalah penjelasan nya :



Baca Juga


NAT : tipe network ini membuat virtual machine dapat berkomunikasi langsung ke jaringan fisik komputer tapi sebaliknya jaringan luar tidak dapat langsung terhubung ke virtual machine dengan tipe NAT network. Jika jaringan fisik komputer terhubung ke internet maka virtual machine akan secara otomatis terhubung pula ke internet.

Bridged Adapter : Tipe network ini membuat virtual machine terhubung ke jaringan fisik komputer dan pada jaringan luar, virtual machine terbaca sebagai 1 komputer fisik yang berbeda dengan host tempat virtual machine di install. Jika terdapat lebih dari satu ethernet di komputer, maka kita harus memilih ke jaringan mana virtual machine akan di sambungkan.

Host Only : Host Only merupakan tipe network yang hanya menghubungkan virtual machine dengan host tempat vmware di install

LAN Segment : LAN Segment merupakan tipe network yang menghubungkan antar virtual machine di vmware, sama seperti Internal network di virtualbox.

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Contact Us

Name

Email *

Message *

DMCA.com Protection Status