Pengertian RAM, Fungsi RAM di Komputer dan Jenis - Jenis RAM

9:19 PM

Pengertian RAM dan Fungsinya

RAM (Random Access Memory)  merupakan sebuat tipe penyimpanan di komputer yang isinya dapat diakses secara tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori, RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer  (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif atau bahasa lainnya RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara saat komputer sedang digunakan.  Selain pada komputer, penggunaan RAM yang sering kita lihat pada saat ini adalah pada hp android yang kapasitas RAM nya sudah mencapai 8 gb.

Jenis – Jenis RAM

  • SRAM (Static RAM)


    Jenis RAM ini hanya dapat menyimpan sedikit data namun lebih cepat dan membutuhkan daya yang lebih sedikit dibandingkan dengan DRAM (Dynamic RAM), kekurangan dari jenis RAM ini yaitu mahalnya biaya untuk produksi. Di komputer modern saat ini, SRAM sering digunakan sebagai memory cache pada CPU.

  • DRAM (Dynamic RAM)



    Jenis RAM yang menyimpan setiap bit data terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus disegarkan secara berkala oleh CPU agar tidak hilang. Hal ini membuat DRAM sangat dinamis dibandingkan dengan memori lainnya. DRAM memiliki kecepetan yang lebih rendah dibandingkan dengan SRAM.

  • SDRAM (Synchronous DRAM)



    Merupakan jenis RAM yang lebih cepat dibandingkan dengan DRAM karena telah di sinkronisasi oleh clock sistem. RAM jenis ini banyak digunakan pada tahun 1996 sampai tahun 2003, Ciri – ciri RAM ini terdapat 2 celah di bagian kakinya.

  • RDRAM (Rambus Dynamic RAM)



    Rambus Dynamic Random Access  Memory (RDRAM) merupakan RAM yang dirancang untuk mentransfer data dengan kecepatan lebih tinggi. RDRAM diperkenalkan pada tahun 1999 oleh Rambus, Inc. Teknologi RDRAM jauh lebih cepat dibandingkan dengan model memori lama, seperti SDRAM. SDRAM memiliki kecepatan transfer data hingga 133 MHz, sedangkan RDRAM dapat mentransfer data pada kecepatan hingga 800 MHz.

  • EDO RAM (Extended Data Out RAM)



    Extended Data Out Random Access Memory (EDO RAM) merupakan jenis awal chip DRAM yang dirancang untuk meningkatkan kinerja FPM DRAM yang digunakan pada tahun 1990. Slot memori untuk EDO RAM adalah 72 pin.

  • FPM DRAM (First Page Mode DRAM)



    FPM DRAM merupakan jenis awal dari DRAM dengan transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 Mb per detk.

  • DDR SDRAM (Double Data Rate SDRAM)



    RAM ini merupakan jenis yang memiliki kecepatan transfer  tinggi dan kinerja lebih cepat dibandingkan jenis RAM sebelumnya dan jenis RAM ini yang paling banyak digunakan saat ini.  DDR SDRAM menjalankan 2 intruksi sekaligus dalam waktu yang sama. Memori ini menggunakan 184 pin. Jika saat ini kita sering melihat RAM DDR2, DDR3 dan yang terbaru DDR4 merupakan pengembangan dari jenis ram DDR SDRAM ini.

  • SO – DIMM (Small Outline Dual In-line)



    RAM jenis ini digunakan pada perangkat notebook dengan bentuk yang lebih ringkas/kecil jika dibandingkan dengan DDR RAM sehingga lebih menghemat ruang.  
Previous
Next Post »
0 Komentar

Contact Us

Name

Email *

Message *

DMCA.com Protection Status