Cara Mengatasi/Mencegah HP Android Cepat Panas dan Lambat

10:02 AM
Cara  Mengatasi/Mencegah HP Android Cepat Panas dan Lambat – Smartphone android tidak selamanya bekerja secara mulus. Ada kalanya kinerjanya mengalami kelambatan karena beberapa kondisi. Salah satunya adalah suhu hp yang naik sehingga membuat hp menjadi panas. Suhu hp sebaiknya perlu dikondisikan karena jika perangkat sering mengalami kenaikan suhu akan menyebabkan peformanya anjlok. Jika terus dibiarkan hp pun akan mudah mengalami kerusakan. Agar anda tidak sampai memperbaiki hp karena masalah panas dan lambat, maka mencegah adalah hal terbaik untuk dilakukan.

Baca Juga


Langkah mencegah hp agar cepat panas tidak terlalu sulit. Karena hp memerlukan waktu untuk istirahat, maka meredam suhunya dengan mengistirahatkan perangkat adalah cara terbaik. Anda bisa mengistirahatkan perangkat sehingga tidak digunakan terus menerus. Selain itu charger, penggunaan Wi-Fi, hingga aplikasi yang diinstall juga bisa menyebabkan perangkat cepat panas. Berikut ini beberapa Cara  Mengatasi/Mencegah HP Android Cepat Panas dan Lambat. 

Tips Mencegah HP Tidak Cepat Panas 

  • Gunakan charger hp original : Charger yang original memiliki kemampuan mengalirkan daya yang sesuai dengan kebutuhan perangkat. Pasalnya aliran daya yang diperlukan masing-masing hp berbeda. Maka dari itu jika charger yang anda gunakan sembarangan maka tidak akan menjamin daya akan terisi sempurna. Selain itu aliran daya yang tidak sesuai juga akan membuat hp lebih cepat panas dan lambat kinerjanya. 
  • Istirahatkan hp selama mengisi daya - Istirahatkan perangkat seluler anda selama mengisi daya. Cobalah untuk mematikan hp ketika daya sedang diisi agar aliran daya yang masuk lebih stabil dan proses pengisian lebih cepat. Jika hp digunakan terus menerus termasuk ketika sedang diisi, aliran daya akan tidak stabil. Jika diteruskan maka hp akan lebih mudah panas dan pada akhirnya kinerjanya melambat. 
  • Bersihkan hp dari debu - Debu yang menumpuk merupakan penyebab lainnya mengapa hp mudah panas. Terutama jika debu tersebut menempel pada panel layar. Lubang yang ada pada cashing perangkat yang tertutup debu akan membuat alur suhu panas menjadi bermasalah. Hal ini menjadi sebab mengapa hp mengalami panas berlebih. Rajinlah membersihkan debu dengan kain khusus di bagian layar hingga cashing. 
  • Gunakan aplikasi pendingin - Aplikasi pendingin bermanfaat agar suhu hp tetap stabil dan daya baterai lebih bisa dihemat. Aplikasi pendingin ini terdiri atas berbagai macam jenis dan bisa anda unduh untuk memaksimalkan peforma smartphone. anda bisa mencoba Cool Master, Super Cooler-CPU, hingga EaseUS Coolphone. Aplikasi pendingin ini akan bekerja secara otomatis jika ada deteksi panas berlebih pada smartphone.
  • Hapus aplikasi yang memberatkan RAM - Aplikasi dan game dengan kapasitas besar akan membuat hp bekerja cukup keras dalam menjalankannya. Terlebih jika hp anda memiliki spesifikasi yang pas-pasan. Peforma RAM pun akan menurun sehingga hp akan lebih mudah panas. Hapus aplikasi dan games yang sekiranya memberatkan RAM. Jika memungkinkan, anda bisa memindahkan aplikasi ke memori eksternal agar penyimpanan internal tidak terlalu dibebani. 

Demikian beberapa cara mudah mencegah HP agar tidak cepat panas dan lambat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Previous
Next Post »
0 Komentar

Contact Us

Name

Email *

Message *

DMCA.com Protection Status