Skip to main content

Pengertian dan Jenis File Sistem FAT32, exFAT, NTFS

Pada saat ingin melakukan format flashdisk atau yang lain, windows menyediakan beberapa pilihan file system yang secara default untuk flashdisk menggunakan file system FAT32. Tentu terkadang kita bingung dengan perbedaan file system tersebut, pada artikel ini akan di bahas mengenai perbedaan dari FAT32, exFAT dan NTFS. File system adalah suatu metode pengorganisasian dan pengambilan file dari media penyimpanan, seperti hardisk. File sistem biasanya terdiri dari file yang dipisahkan menjadi kelompok yang disebut direktori dan direktori dapat berisi file atau direktori tambahan. Saat ini, file sistem yang paling umum digunakan pada Windows adalah NTFS.

Jenis - Jenis File Sistem

FAT32
FAT (File Allocation Unit) adalah sistem berkas yang menggunakan tabel alokasi berkas dalam penyimpanan file. Untuk saat ini file sistem FAT sendiri banyak dipakai pada sistem komputer dan kartu - kartu memori yang digunakan pada kamera digital maupun pemutar media portabel. Sedangkan FAT32 adalah versi dari paling baru dari FAT. FAT32 memiliki batas hingga 32-bit sehingga dapat menyimpan hingga 232 alokasi unit (4294967296 buah). Sistem operasi windows NT 5.x ke atas hanya mengizinkan pembuatan partisi FAT32 hingga 32 GB, lebih dari itu windows hanya menyediakan sistem berkas NTFS

exFAT
exFAT (Extended File Allocation Table) adalah sistem berkas yang cocok digunakan oleh media - media berbasis memori flash seperti usb flashdrive dan SD card. exFAT digunakan sebagai alternatif dari sistem berkas NTFS, karena memang NTFS memiliki struktur data yang relatif lebih besar ketimbang exFAT.

Keunggulan exFAT :
- Skalabilitas untuk hardisk yang berukuran besar.
- Ukuran berkas teoretis maksimal 264 (16 EiB). Sebagai perbandingan, FAT-32 hanya mendukung ukuran berkas maksimal hingga 232 (4 GB)
- Ukuran Cluster yang didukung hingga 2255 Sector, dengan batasan implementasi hingga 32 MB (Megabyte)

Kelemahan exFAT :
- Perangkat yang menggunakan file system exFAT tidak bisa menggunakan kemampuan ReadyBoost milik Windows Vista (namun pada Windows 7, Microsoft sudah membuat file system exFAT yang baru dengan dukungan ReadyBoost)
- Status lisensi yang belum jelas. Akan tetapi, Microsoft telah mempatenkan beberapa bagian dari file system FAT
- Tidak bisa diakses oleh sistem-sistem operasi Windows terdahulu, sebelum Windows Vista Service Pack 1 atau Windows CE 6.0

NTFS
NTFS (New Technology File System) adalah sistem berkas yang memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan dengan sistem berkas FAT dan menawarkan banyak fitur seperti pengaturan akses terhadap sebuah berkas atau direktori, penetapan jumlah quota dalam pemakaian hardisk, fitur enkripsi, serta toleransi terhadap kesalahan. NTFS adalah file system utama yang digunakan pada sistem operasi windows 10, windows 8, windows 7, windows vista, windows xp, windows 2000 dan windows NT.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Konfigurasi OSPF di Cisco Packet Tracer

Cara Konfigurasi OSPF di Cisco Packet Tracer – OSPF atau Open Shortest Patch First merupakan sebuah routing protokol IGRP (Interior Gateway Routing Protocol) yang hanya dapat digunakan dalam di jaringan internal suatu organisasi atau perusahaan yang kita memiliki hak administrasi terhadapt jaringan tersebut. Pada artikel ini akan di perlihatkan bagaimana Cara Konfigurasi OSPF di Cisco Packet Tracer.

Baca JugaPengertian dan Perbedaan Internet, Intranet Berdasarkan JangkauannyaKonfigurasi Routing EIGRP di GNS3Cara Konfigurasi EIGRP di Cisco Packet Tracer Cara Konfigurasi Routing Static Router Mikrotik di GNS3Cara Konfigurasi Routing Dinamis RIP di Cisco Packet Tracer
Topologi dan IP Address Buat topologi jaringan dengan interface dan ip address sesuai dengan gambar dan tabel yang ada di bawah. Atau jika teman – teman ingin menghemat waktu, dapat mendownload topologi jaringan nya disini
Setting IP Address Setelah topologi jaringan di buat seperti gambar di atas, setting ip address untuk …

Pengertian, Jenis & Kelebihan VLAN (Virtual LAN)

Pengertian VLANVLAN (virtual LAN) adalah suatu model jaringan yang membagi jaringan secara logikal ke dalam beberapa vlan yang berbeda. VLAN tidak terbatas pada kondisi fisik jaringan seperti pada LAN, vlan dapat di konfigurasi secara virtual tanpa harus melihat kondisi peralatan. Oleh sebab itu, VLAN memiliki fleksibilitas di dalam pengaturan jaringan dan memudahkan administrator jaringan dalam membagi jaringannya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan keamanan jaringan tersebut. Baca juga artikel tutorial komputer lainnya Pengertian Routing & Jenis - Jenis Routing


Cara kerja VLANVLAN diklasifikasikan berdasarkan metode (tipe) yang digunakan, baik menggunakan port, MAC address dan lain - lain. Semuainformasi yang mengandung penandaan/pengalamatan suatu vlan (tagging)di simpan dalam suatu database (tabel), jika penandaannya berdasarkanport yang digunakan maka database harus mengindikasikan port-port yangdigunakan oleh VLAN. 
Untuk mengaturnya maka biasanya digunakanswitch/bridge yang ma…

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan System Restore di Windows 7

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan System Restore di Windows 7 – System Restore adalah sebuah fitur di Microsoft Windows yang mengizinkan pengguna untuk mengambalikan keadaan komputer ke waktu tertentu yang sudah di tetapkan, mengembalikan keadaan komputer yang dimaksud file sistem, aplikasi yang di install, Windows Registry dan sistem setting. Fitur ini sangat berguna jika terdapat error pada windows atau komputer terasa lambat karena mungkin sudah banyak terinstall aplikasi yang sudah tidak terpakai, maka dengan fitur system restore ini kita dapat mengembalikan windows ke waktu tertentu seperti saat pertama kali windows di install. Fiture System Restore sudah ada dari Windows ME, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 dan secara default system restore dalam keadaan disabled jika kita belum pernah menggunakannya. Berikut adalah langkah – langkah cara Mengaktifkan/enable System Restore di Windows 7.

Baca JugaMelakukan Backup Hardisk dan Partisi Mengg…