Skip to main content

Snapdragon vs Mediatek vs Exynos, Manakah Prosesor Terbaik?

Snapdragon vs Mediatek vs Exynos, Manakah Prosesor Terbaik? - Prosesor pada smartphone bagaikan otak jika pada manusia, yang sangat berperan penting dalam mengatur kinerja dari smartphone itu sendiri. Sehingga di butuhkan prosesor berkualitas untuk menghasilkan smartphone  berkualitas. Pada saat sekarang ini banyak sekali smartphone menggunakan prosesor yang berkualitas, antara lain seperti Snapdragon, Mediatek Exynos dan Intel Atom. Pada artikel kali ini akan dibahas perbandingan 3 prosesor yaitu, Snapdragon, Mediatek, dan Exynos dikarenakan hanya ketiga prosesor tersebut yang paling banyak terdapat pada smartphone keluaran terbaru pada saat sekarang ini. Ketiganya juga saling bersaing dengan cara menciptakan berbagai macam prosesor yang mutakhir. Lalu dari prosesor Android Exynos vs Snapdragon vs Mediatek mana yang terbaik?

Baca Juga


Prosesor Exynos


Prosesor yang berasal dari negeri gingseng yaitu korea pada saat sekarang ini tengah berada di puncak pasar penjualan ponsel pintar berbasis Android, karena banyak sekali di gunakan oleh smartphone ciptaan Samsung. Prosesor Exynos ini sering di bilang sebagai prosesornya orang ‘kaya’, karena smartphone yang memakai prosesor Exynos adalah smartphone flagship dengan harga yang lumayan mahal, antara lainnya seperti smartphone buatan Samsung sendiri, Galaxy S7 dan Note 7, tetapi tidak hanya samsung aja yang mengguakannya prosesor Exynos ini, karena Meizu juga memakainya pada ponsel flagship buatannya.
Prosesor Exynos ini bisa dibilang hampir tidak punya kelemahan. Performanya mampu memberikan pengalaman menggunakan smartphone menjadi menyenangkan, multitasking dan gaming pun minor dengan kata ‘lag’. Tapi, tetap saja smartphone yang menggunakan prosesor Exynos mempunyai harga yang cukup mahal.


Prosesor Snapdragon


Prosesor Snapdragon merupakan pesaing terberat dari prosesor Exynos. Karena pada level, bawah, menengah dan atas, prosesor Snapdragon ini laris manis dipakai oleh banyak pabrikan smartphone. Harga yang lebih murah dan performa yang cukup gahar bahkan setara Exynos, menjadi nilai jual bagi para vendor smartphone untuk menggunakan prosesor Snapdragon pada smartphone ciptaanya. Snapdragon juga sering melahirkan teknologi prosesor terbaru yang belum ada.

Untuk saat sekarang ini Snapdragon mempunyai tiga tipe prosesor, ada versi 400 untuk entry-level, 600 di kelas menengah, dan terakhir 800 pada jajaran flagship. Prosesor pabrikan Qualcomm ini merupakan yang paling baik dari sisi kinerja dan efisiensi. Ketahanan terhadap konsumsi daya baterai dan pengolahan grafis tinggi juga merupakan kelebihan dari Snapdragon.


Prosesor Mediatek


Prosesor ini beberapa waktu lalu telah membuat kejutan dengan mengeluarkan Chipset Helio X20, X25, dan X30 yang mungkin akan keluar tahun depan, Prosesor mediatek merupakan prosesor pertama di dunia yang memiliki 10 inti (core). Walaupun dulu pernah down karena selalu bermain di jajaran kelas bawah, pada akhir-akhir ini MediaTek mulai menunjukan eksitensinya dengan cara mulai mengeluarkan prosesor seri P dan X yang mampu bersaing dengan prosesor kelas atas.

Kelebihan dari MediaTek yang belum mampu diikuti pabrikan lain yaitu, harganya yang murah meskipun itu seri X. Lihat saja Xiaomi Redmi Pro yang mengusung Helio X25, dengan ‘mahar’ 3 hingga 4 juta kita sudah bisa merasakan performa flagship.


Itulah perbandingan dari prosesor Snapdragon, Mediatek, dan juga Exynos jadi kesimpulan nya adalah masing-masing prosesor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, untuk teman-teman yang suka dengan performa yang gahar, ingin grafis yang mumpuni dalam bermain game dan mempunyai uang yang banyak, teman-teman dapat membeli smartphone yang mempunyai prosesor antara Exynos dan Snapdragon. Tetapi yang tidak memiliki budget yang banyak tapi tetap ingin merasakan performa tangguh dan menginginkan smartphone hemat baterai, teman-teman dapat memilih MediaTek seri P atau X.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Konfigurasi OSPF di Cisco Packet Tracer

Cara Konfigurasi OSPF di Cisco Packet Tracer – OSPF atau Open Shortest Patch First merupakan sebuah routing protokol IGRP (Interior Gateway Routing Protocol) yang hanya dapat digunakan dalam di jaringan internal suatu organisasi atau perusahaan yang kita memiliki hak administrasi terhadapt jaringan tersebut. Pada artikel ini akan di perlihatkan bagaimana Cara Konfigurasi OSPF di Cisco Packet Tracer.

Baca JugaPengertian dan Perbedaan Internet, Intranet Berdasarkan JangkauannyaKonfigurasi Routing EIGRP di GNS3Cara Konfigurasi EIGRP di Cisco Packet Tracer Cara Konfigurasi Routing Static Router Mikrotik di GNS3Cara Konfigurasi Routing Dinamis RIP di Cisco Packet Tracer
Topologi dan IP Address Buat topologi jaringan dengan interface dan ip address sesuai dengan gambar dan tabel yang ada di bawah. Atau jika teman – teman ingin menghemat waktu, dapat mendownload topologi jaringan nya disini
Setting IP Address Setelah topologi jaringan di buat seperti gambar di atas, setting ip address untuk …

Pengertian, Jenis & Kelebihan VLAN (Virtual LAN)

Pengertian VLANVLAN (virtual LAN) adalah suatu model jaringan yang membagi jaringan secara logikal ke dalam beberapa vlan yang berbeda. VLAN tidak terbatas pada kondisi fisik jaringan seperti pada LAN, vlan dapat di konfigurasi secara virtual tanpa harus melihat kondisi peralatan. Oleh sebab itu, VLAN memiliki fleksibilitas di dalam pengaturan jaringan dan memudahkan administrator jaringan dalam membagi jaringannya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan keamanan jaringan tersebut. Baca juga artikel tutorial komputer lainnya Pengertian Routing & Jenis - Jenis Routing


Cara kerja VLANVLAN diklasifikasikan berdasarkan metode (tipe) yang digunakan, baik menggunakan port, MAC address dan lain - lain. Semuainformasi yang mengandung penandaan/pengalamatan suatu vlan (tagging)di simpan dalam suatu database (tabel), jika penandaannya berdasarkanport yang digunakan maka database harus mengindikasikan port-port yangdigunakan oleh VLAN. 
Untuk mengaturnya maka biasanya digunakanswitch/bridge yang ma…

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan System Restore di Windows 7

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan System Restore di Windows 7 – System Restore adalah sebuah fitur di Microsoft Windows yang mengizinkan pengguna untuk mengambalikan keadaan komputer ke waktu tertentu yang sudah di tetapkan, mengembalikan keadaan komputer yang dimaksud file sistem, aplikasi yang di install, Windows Registry dan sistem setting. Fitur ini sangat berguna jika terdapat error pada windows atau komputer terasa lambat karena mungkin sudah banyak terinstall aplikasi yang sudah tidak terpakai, maka dengan fitur system restore ini kita dapat mengembalikan windows ke waktu tertentu seperti saat pertama kali windows di install. Fiture System Restore sudah ada dari Windows ME, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 dan secara default system restore dalam keadaan disabled jika kita belum pernah menggunakannya. Berikut adalah langkah – langkah cara Mengaktifkan/enable System Restore di Windows 7.

Baca JugaMelakukan Backup Hardisk dan Partisi Mengg…