Cara Translate Subtitle Otomatis di YouTube

Siapa yang tidak pernah membuka YouTube di era yang serba membutuhkan internet saat ini. Hanya saja terkadang ada konten asing yang mungkin tidak kita pahami. Berikut cara translate subtitle otomatis di YouTube sehingga Sobat bisa menikmati videonya dengan bahasa Indonesia.

Caranya sangat mudah. Kita bisa mengaplikasikannya di aplikasi YouTube di smartphone milik kita atau kita juga bisa mengaplikasikannya untuk YouTube versi Web. Mari kita lihat langkah-langkahnya yang sangat mudah untuk diingat.

1. Kunjungi Video di Channel YouTube Yang Akan Ditranslate

Klik titik : pada pojok kanan atas setelah membuka video

Yang pertama untuk cara translate subtitle otomatis di YouTube adalah dengan mengunjungi video di channel YouTube yang akan diterjemahkan. Buka videonya, tunggu hingga iklannya selesai dan selanjutnya Sobat hanya perlu mencari CC Caption atau CC Subtitle di pojok kanan bawah.

CC atau Captions atau mudahnya adalah subtitle ini yang akan memunculkan terjemahan di bawah layar seperti dalam film-film terjemahan yang sering kita tonton.


2. Cari tulisan CC Subtitle

Mencari CC Subtitle Youtube

 

Untuk YouTube versi Web, kamu memang bisa mencari cc Subtitle di pojok kanan bawah layar videonya. Hanya saja untuk versi aplikasi atau mobile, Sobat perlu menekan menu atau titik tiga di pojok kanan atas. Disitu Sobat akan menemukan setting CC Caption atau Subtitlenya.

Namun kembali, pastikan kamu sudah selesai menonton atau melewati iklan agar CC Caption ini nantinya tidak menganggap Sobat ingin menterjemahkan iklan. Setelah itu, Sobat hanya perlu melakukan beberapa settingan agar dapat memunculkan bahasa Indonesia sebagai subtitle nya.

3. Set ke Bahasa Indonesia

 

Langkah selanjutnya adalah Sobat hanya perlu menekan CC Caption tersebut kemudian akan muncul beberapa pilihan bahasa yang tersedia untuk diterjemahkan. Tentu saja selanjutnya kita pilih Bahasa Indonesia kemudian klik play untuk melihat video dengan terjemahan teks bahasa Indonesia.

Itulah cara translate subtitle otomatis di YouTube yang bisa Sobat coba. Sangat mudah dan pendek langkahnya sehingga Sobat tidak perlu menghapalkannya. Hanya saja, ada beberapa kelemahan dari cc caption ini yakni sebagai berikut.

Kelemahan pertama CC Captions YouTube adalah tidak semuanya bisa diterjemahkan. Jadi untuk bahasa tertentu seperti Jepang atau yang lainnya sangat jarang bisa diterjemahkan baik ke Bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Kecuali memang dari pihak pemilik video menyertakannya.

Kelemahan yang kedua dari translate otomatis di YouTube adalah hasil subtitle yang ditampakkan umumnya terlihat sangat kaku. Hal ini karena penerjemahan dilakukan dengan cara otomatis seperti hasil terjemahan dari Google Translate yang terkadang sangat kaku.

Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak bisa menikmati hasil terjemahannya. Maksud dari isinya terkadang juga bisa kita pahami dengan baik dan tentunya bisa menambah wawasan kita setelah menonton video dari YouTube tersebut. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Translate Subtitle Otomatis di YouTube"

Post a Comment