Skip to main content

Cara Translate Subtitle Otomatis di YouTube

Siapa yang tidak pernah membuka YouTube di era yang serba membutuhkan internet saat ini. Hanya saja terkadang ada konten asing yang mungkin tidak kita pahami. Berikut cara translate subtitle otomatis di YouTube sehingga Sobat bisa menikmati videonya dengan bahasa Indonesia.

Caranya sangat mudah. Kita bisa mengaplikasikannya di aplikasi YouTube di smartphone milik kita atau kita juga bisa mengaplikasikannya untuk YouTube versi Web. Mari kita lihat langkah-langkahnya yang sangat mudah untuk diingat.

1. Kunjungi Video di Channel YouTube Yang Akan Ditranslate

Klik titik : pada pojok kanan atas setelah membuka video

Yang pertama untuk cara translate subtitle otomatis di YouTube adalah dengan mengunjungi video di channel YouTube yang akan diterjemahkan. Buka videonya, tunggu hingga iklannya selesai dan selanjutnya Sobat hanya perlu mencari CC Caption atau CC Subtitle di pojok kanan bawah.

CC atau Captions atau mudahnya adalah subtitle ini yang akan memunculkan terjemahan di bawah layar seperti dalam film-film terjemahan yang sering kita tonton.


2. Cari tulisan CC Subtitle

Mencari CC Subtitle Youtube

 

Untuk YouTube versi Web, kamu memang bisa mencari cc Subtitle di pojok kanan bawah layar videonya. Hanya saja untuk versi aplikasi atau mobile, Sobat perlu menekan menu atau titik tiga di pojok kanan atas. Disitu Sobat akan menemukan setting CC Caption atau Subtitlenya.

Namun kembali, pastikan kamu sudah selesai menonton atau melewati iklan agar CC Caption ini nantinya tidak menganggap Sobat ingin menterjemahkan iklan. Setelah itu, Sobat hanya perlu melakukan beberapa settingan agar dapat memunculkan bahasa Indonesia sebagai subtitle nya.

3. Set ke Bahasa Indonesia

 

Langkah selanjutnya adalah Sobat hanya perlu menekan CC Caption tersebut kemudian akan muncul beberapa pilihan bahasa yang tersedia untuk diterjemahkan. Tentu saja selanjutnya kita pilih Bahasa Indonesia kemudian klik play untuk melihat video dengan terjemahan teks bahasa Indonesia.

Itulah cara translate subtitle otomatis di YouTube yang bisa Sobat coba. Sangat mudah dan pendek langkahnya sehingga Sobat tidak perlu menghapalkannya. Hanya saja, ada beberapa kelemahan dari cc caption ini yakni sebagai berikut.

Kelemahan pertama CC Captions YouTube adalah tidak semuanya bisa diterjemahkan. Jadi untuk bahasa tertentu seperti Jepang atau yang lainnya sangat jarang bisa diterjemahkan baik ke Bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Kecuali memang dari pihak pemilik video menyertakannya.

Kelemahan yang kedua dari translate otomatis di YouTube adalah hasil subtitle yang ditampakkan umumnya terlihat sangat kaku. Hal ini karena penerjemahan dilakukan dengan cara otomatis seperti hasil terjemahan dari Google Translate yang terkadang sangat kaku.

Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak bisa menikmati hasil terjemahannya. Maksud dari isinya terkadang juga bisa kita pahami dengan baik dan tentunya bisa menambah wawasan kita setelah menonton video dari YouTube tersebut. Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Konfigurasi OSPF di Cisco Packet Tracer

Cara Konfigurasi OSPF di Cisco Packet Tracer – OSPF atau Open Shortest Patch First merupakan sebuah routing protokol IGRP (Interior Gateway Routing Protocol) yang hanya dapat digunakan dalam di jaringan internal suatu organisasi atau perusahaan yang kita memiliki hak administrasi terhadapt jaringan tersebut. Pada artikel ini akan di perlihatkan bagaimana Cara Konfigurasi OSPF di Cisco Packet Tracer.

Baca JugaPengertian dan Perbedaan Internet, Intranet Berdasarkan JangkauannyaKonfigurasi Routing EIGRP di GNS3Cara Konfigurasi EIGRP di Cisco Packet Tracer Cara Konfigurasi Routing Static Router Mikrotik di GNS3Cara Konfigurasi Routing Dinamis RIP di Cisco Packet Tracer
Topologi dan IP Address Buat topologi jaringan dengan interface dan ip address sesuai dengan gambar dan tabel yang ada di bawah. Atau jika teman – teman ingin menghemat waktu, dapat mendownload topologi jaringan nya disini
Setting IP Address Setelah topologi jaringan di buat seperti gambar di atas, setting ip address untuk …

Pengertian, Jenis & Kelebihan VLAN (Virtual LAN)

Pengertian VLANVLAN (virtual LAN) adalah suatu model jaringan yang membagi jaringan secara logikal ke dalam beberapa vlan yang berbeda. VLAN tidak terbatas pada kondisi fisik jaringan seperti pada LAN, vlan dapat di konfigurasi secara virtual tanpa harus melihat kondisi peralatan. Oleh sebab itu, VLAN memiliki fleksibilitas di dalam pengaturan jaringan dan memudahkan administrator jaringan dalam membagi jaringannya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan keamanan jaringan tersebut. Baca juga artikel tutorial komputer lainnya Pengertian Routing & Jenis - Jenis Routing


Cara kerja VLANVLAN diklasifikasikan berdasarkan metode (tipe) yang digunakan, baik menggunakan port, MAC address dan lain - lain. Semuainformasi yang mengandung penandaan/pengalamatan suatu vlan (tagging)di simpan dalam suatu database (tabel), jika penandaannya berdasarkanport yang digunakan maka database harus mengindikasikan port-port yangdigunakan oleh VLAN. 
Untuk mengaturnya maka biasanya digunakanswitch/bridge yang ma…

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan System Restore di Windows 7

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan System Restore di Windows 7 – System Restore adalah sebuah fitur di Microsoft Windows yang mengizinkan pengguna untuk mengambalikan keadaan komputer ke waktu tertentu yang sudah di tetapkan, mengembalikan keadaan komputer yang dimaksud file sistem, aplikasi yang di install, Windows Registry dan sistem setting. Fitur ini sangat berguna jika terdapat error pada windows atau komputer terasa lambat karena mungkin sudah banyak terinstall aplikasi yang sudah tidak terpakai, maka dengan fitur system restore ini kita dapat mengembalikan windows ke waktu tertentu seperti saat pertama kali windows di install. Fiture System Restore sudah ada dari Windows ME, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 dan secara default system restore dalam keadaan disabled jika kita belum pernah menggunakannya. Berikut adalah langkah – langkah cara Mengaktifkan/enable System Restore di Windows 7.

Baca JugaMelakukan Backup Hardisk dan Partisi Mengg…