Skip to main content

CARA melakukan CAPTURE dari layar?

Hingga Windows XP: menggunakan tombol Impr. Screen untuk menangkap layar
Tanpa aplikasi khusus untuk versi Windows yang lebih lama, situasinya sedikit lebih rumit untuk sistem operasi Microsoft hingga Windows XP:

Pertama, Anda harus menekan tombol "Impr. Screen" (juga disebut "Print Screen", "Impr layar", "Impécr syst", "Imp Screen" atau "Print Screen" sesuai dengan komputer, kunci ini terletak di dekat sudut kanan atas keyboard) untuk menangkap seluruh layar. Gunakan tombol Alt dan Impr. Screen secara bersamaan untuk menangkap hanya jendela aktif.
Gambar yang diambil kemudian disalin ke clipboard Windows dan kemudian disisipkan ke dalam gambar/foto perangkat lunak (cat, Photoshop, GIMP dll...), Messaging atau desktop (Office suite atau salah satu alternatif gratis) menggunakan edisi dan kemudian paste menu (atau menggunakan shortcut keyboard "Ctrl-V").
Yang harus Anda lakukan adalah merekam penangkapan Anda di komputer Anda!
Detail lebih lanjut tentang screenshot dengan bantuan resmi Windows

BAGAIMANA MEWUJUDKAN SEBUAH CAPTURE DARI MACOS X?
Untuk menangkap seluruh layar Anda di bawah Mac OS X, tekan secara bersamaan Apple (CMD)-tombol MAJUSCULE-3 pada keyboard Anda.
Untuk menangkap bagian dari layar, Anda harus menekan Apple (CMD)-MAJUSCULE-4
Untuk menangkap jendela aktif Mac Anda, tekan Apple (CMD)-MAJUSCULE-4-ruang
Detail selengkapnya tentang bantuan resmi Apple

metode untuk melakukan CAPTURE ANDROID
Prosedurnya bervariasi tergantung versi Android yang Anda gunakan.

Hingga Android 4,2
Untuk versi Android yang lebih lama, tangkapan layar Diperoleh dari kombinasi tombol sayangnya tidak selalu mudah untuk membuat...

Tekan tombol Walk/Watch dan "volume rendah" pada saat yang sama
Tahan sampai Anda mendengar suara atau melihat animasi.
Dari Android 4,3
Menangkap layar telah menjadi jauh lebih mudah dengan versi terbaru dari Android berkat aplikasi tertentu yang Anda hanya perlu untuk memulai untuk membuat salinan layar (dapat diakses melalui tombol berjalan/menonton dari ponsel Android Anda/tablet).

Trik ini tidak bekerja pada smartphone Android Anda? Cari tahu lebih lanjut di AndroidPit

Screenshot biasanya disertai dengan suara kecil (klik kamera) yang menegaskan bahwa penangkapan telah dilakukan.

CARA melakukan CAPTURE layar dengan IPHONE, sebuah IPAD atau IPOD SOUS IOS?
Pada iPhone, iPad atau iPod menjalankan Apple OS, iOS, cukup tekan tombol Walk/stop dan tombol utama secara bersamaan untuk membuat penangkapan.

Gambar yang diambil kemudian akan ditemukan dalam gambar Anda.

Sumber: dukungan resmi Apple

CARA membuat CAPTURE dari NAVIGATOR MOZILLA FIREFOX?
Versi 56 dari Mozilla Firefox (versi terakhir dari browser sebelum beralih ke Firefox Quantum) memperkenalkan utilitas browser-Incorporated, Firefox Screenshots. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dari browser web Anda, menyimpannya, tetapi juga menyimpannya di server Mozilla dan berbagi screenshot Anda di jaringan sosial (Facebook, Twitter, Pinterest, dll...)! (Edit: fitur terakhir ini tampaknya telah ditinggalkan di sepanjang jalan oleh Mozilla).

Ini sangat mudah untuk membuat screenshot dari browser Anda dengan Firefox, berikut adalah cara untuk mengikuti:

Membuat klik kanan di Firefox dan kemudian pilih mengambil screenshot di jendela pop-up browser
Membuat screenshot dengan Mozilla Firefox
Browser kemudian menjelaskan cara melakukannya: Pilih area halaman dengan mengklik atau mengklik item yang akan dipilih. Tekan Escape untuk membatalkan.

Pilih apa yang ingin Anda tangkap: area yang ditentukan oleh browser atau area yang Anda tentukan sendiri. Hal ini juga memungkinkan untuk menggunakan dua tombol di bagian kanan atas halaman: Capture halaman penuh (ini akan merekam seluruh halaman web yang ditampilkan di Firefox, nyaman!) atau menangkap area terlihat untuk melihat daerah yang ditampilkan pada layar Anda.
Menangkap area yang dipilih pengguna
Menangkap area yang dipilih pengguna

Yang harus Anda lakukan adalah mengetuk unduh untuk menyimpan gambar Anda di folder unduhan atau menyalinnya untuk menyalin gambar di dalam kertas tekan.
TAMBAHAN SCREEN CAPTURE SOFTWARE APA
Greenshot, perangkat lunak untuk membuat screenshot
Ringan, multibahasa dan mudah digunakan, Greenshot juga tersedia untuk Windows dan Mac OS.

Pilihan saya sangat suka di screenshot gratis ini perangkat lunak (salah satu favorit saya):

Kehadiran ikon di taskbar (systray), nyaman untuk cepat mengambil snapshot dari halaman web atau perangkat lunak
Anda dapat menambahkan teks ke gambar (nyaman untuk menambahkan anotasi ke gambar Anda)
Kehadiran efek dan alat untuk kabur dan menambahkan panah untuk menyesuaikan screenshot.
Hal ini memungkinkan Anda untuk mengekspor gambar yang dibuat dalam perangkat lunak email Anda, di Office suite atau di situs foto seperti Flick atau Picasa.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Konfigurasi OSPF di Cisco Packet Tracer

Cara Konfigurasi OSPF di Cisco Packet Tracer – OSPF atau Open Shortest Patch First merupakan sebuah routing protokol IGRP (Interior Gateway Routing Protocol) yang hanya dapat digunakan dalam di jaringan internal suatu organisasi atau perusahaan yang kita memiliki hak administrasi terhadapt jaringan tersebut. Pada artikel ini akan di perlihatkan bagaimana Cara Konfigurasi OSPF di Cisco Packet Tracer.

Baca JugaPengertian dan Perbedaan Internet, Intranet Berdasarkan JangkauannyaKonfigurasi Routing EIGRP di GNS3Cara Konfigurasi EIGRP di Cisco Packet Tracer Cara Konfigurasi Routing Static Router Mikrotik di GNS3Cara Konfigurasi Routing Dinamis RIP di Cisco Packet Tracer
Topologi dan IP Address Buat topologi jaringan dengan interface dan ip address sesuai dengan gambar dan tabel yang ada di bawah. Atau jika teman – teman ingin menghemat waktu, dapat mendownload topologi jaringan nya disini
Setting IP Address Setelah topologi jaringan di buat seperti gambar di atas, setting ip address untuk …

Pengertian, Jenis & Kelebihan VLAN (Virtual LAN)

Pengertian VLANVLAN (virtual LAN) adalah suatu model jaringan yang membagi jaringan secara logikal ke dalam beberapa vlan yang berbeda. VLAN tidak terbatas pada kondisi fisik jaringan seperti pada LAN, vlan dapat di konfigurasi secara virtual tanpa harus melihat kondisi peralatan. Oleh sebab itu, VLAN memiliki fleksibilitas di dalam pengaturan jaringan dan memudahkan administrator jaringan dalam membagi jaringannya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan keamanan jaringan tersebut. Baca juga artikel tutorial komputer lainnya Pengertian Routing & Jenis - Jenis Routing


Cara kerja VLANVLAN diklasifikasikan berdasarkan metode (tipe) yang digunakan, baik menggunakan port, MAC address dan lain - lain. Semuainformasi yang mengandung penandaan/pengalamatan suatu vlan (tagging)di simpan dalam suatu database (tabel), jika penandaannya berdasarkanport yang digunakan maka database harus mengindikasikan port-port yangdigunakan oleh VLAN. 
Untuk mengaturnya maka biasanya digunakanswitch/bridge yang ma…

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan System Restore di Windows 7

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan System Restore di Windows 7 – System Restore adalah sebuah fitur di Microsoft Windows yang mengizinkan pengguna untuk mengambalikan keadaan komputer ke waktu tertentu yang sudah di tetapkan, mengembalikan keadaan komputer yang dimaksud file sistem, aplikasi yang di install, Windows Registry dan sistem setting. Fitur ini sangat berguna jika terdapat error pada windows atau komputer terasa lambat karena mungkin sudah banyak terinstall aplikasi yang sudah tidak terpakai, maka dengan fitur system restore ini kita dapat mengembalikan windows ke waktu tertentu seperti saat pertama kali windows di install. Fiture System Restore sudah ada dari Windows ME, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 dan secara default system restore dalam keadaan disabled jika kita belum pernah menggunakannya. Berikut adalah langkah – langkah cara Mengaktifkan/enable System Restore di Windows 7.

Baca JugaMelakukan Backup Hardisk dan Partisi Mengg…