Bagaimana Membedakan Antara Kebijakan dan Prosedur Layanan Perawatan Sosial

Persyaratan kebijakan dan prosedur sangat penting bagi organisasi dan saling bergantung. Namun, ada beberapa perbedaan besar di antara keduanya yang penting untuk diperhatikan.

Istilah kebijakan adalah rencana tindakan dan berdampak pada organisasi. Ini reaktif karena dibuat dengan tujuan mendapatkan respons terhadap masalah yang mendesak saat ini. Di sisi lain, prosedur adalah langkah yang membantu seseorang mencapai keunggulan dengan kebijakan tersebut.

Perbedaan antara kebijakan dan prosedur layanan perawatan sosial adalah-

Apa itu kebijakan?

Kebijakan memberi organisasi arahan semua tujuan yang disediakan oleh seperangkat aturan yang dibuat oleh pimpinan eksekutif puncak. Ini adalah prinsip umum yang disetujui oleh para eksekutif puncak dan setiap karyawan yang menjadi bagian dari asosiasi akan mematuhinya. Pembuat kebijakan adalah seseorang yang membuat keputusan untuk kelompok atau organisasi kolektif. Ini adalah aturan tingkat tinggi yang didukung oleh prosedur organisasi.

Kebijakan bisa menjadi reaktif (seperti yang disebutkan sebelumnya) dan pro-aktif. Artinya, ini adalah tindakan yang dirancang untuk mencegah masalah atau masalah.

Mempertimbangkan contoh yang diberikan di bawah-

  • Contoh kebijakan reaktif adalah untuk internal
  • Contoh kebijakan proaktif adalah rabat atau kickback pemerintah.

Kunci pembuatan kebijakan yang baik adalah metode yang baik bagi para eksekutif puncak untuk membuat keputusan yang menentukan arah bagi perusahaan.

Apa yang seharusnya menjadi karakteristik kebijakan yang baik?

  • Kebijakan harus jelas dan sederhana. Namun itu tidak menjelaskan bagaimana hal itu akan dicapai.
  • Prinsipnya untungnya sudah mapan dalam sebuah organisasi dan karenanya meniadakan kebutuhan untuk merevisi.
  • Bisa ada keduanya internal serta kebijakan eksternal untuk pemangku kepentingan yang berbeda.

Apa prosedur itu?

Prosedur menjelaskan cara kerja kebijakan. Ini mirip dengan peta jalan yang menjelaskan bagaimana organisasi mematuhi kebijakan. Prosedur menurut istilahnya memiliki arti literal dari serangkaian tugas kecil atau langkah yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan suatu tugas. Ada juga berbagai tingkat prosedur dari yang lebih tinggi ke yang lebih rendah yang merangkum langkah-langkah yang perlu diambil seseorang saat mendokumentasikan kebijakan.

Apa yang seharusnya menjadi karakteristik dari prosedur yang baik?

  • Ini harus menjelaskan bagaimana perusahaan mencapai tujuannya dan juga harus mematuhi semua hukum perusahaan.
  • Ini mengungkapkan petunjuk langkah demi langkah tentang bagaimana perusahaan mencapai tujuan tersebut. Petunjuk belokan demi belokan membantu perusahaan untuk mengatasi hambatan dalam mengungguli kebijakan mereka.
  • Ini adalah algoritme atau protokol yang perlu diikuti untuk kepentingan institusi.
  • Sebuah prosedur mencakup semua alat, sarana dan metode yang digunakan seseorang untuk memenuhi persyaratan kebijakan.

Orang mungkin mengira bahwa kebijakan dan undang-undang agak mirip. Namun, kebenarannya jauh tertinggal. Kebijakan di satu sisi memandu keputusan perusahaan atau institusi; di sisi lain hukum menerapkan keadilan dan ketertiban.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *