Pigmentasi Kulit Dan Bintik-bintik Gelap: Pengobatan Rumahan Untuk Mengelolanya Secara Alami

Apakah itu bintik matahari, bintik penuaan, bintik hitam, kerusakan akibat sinar matahari, atau melasma – pigmentasi kulit adalah masalah yang umum. Ketidaksempurnaan bisa jadi indah, tetapi jika tidak ditangani dengan tepat, bintik-bintik coklat kecil yang menghiasi pipi atau hidung Anda bisa menjadi masalah yang nyata.

Hiperpigmentasi biasanya tidak berbahaya. Namun, ini juga dapat mengindikasikan kondisi medis yang mendasari.

Jika Anda mengembangkan bintik-bintik ini karena kurangnya perawatan kulit yang tepat, Anda dapat mengambil langkah untuk memudarkannya. Anda juga dapat menggunakan metode alami daripada menggunakan perawatan laser. Gulir ke bawah untuk mengetahui segala hal tentang pengobatan rumahan,

Apa Itu Pigmentasi Kulit?

Pigmentasi adalah perubahan warna pada kulit. Masalah umum di mana Anda mengembangkan bercak hitam pada kulit Anda dihadapi oleh pria dan wanita. Ini disebabkan oleh kelebihan melanin – pigmen yang memberi Anda warna kulit alami Anda. Jika pigmen ini membentuk endapan di kulit, hal itu menyebabkan pigmentasi (atau & nbsp; hiperpigmentasi).

Catatan: & nbsp; Tidak semua pigmentasi tidak berbahaya. Beberapa mungkin merupakan tanda penyakit yang mendasari. Konsultasikan dengan dokter jika Anda melihat adanya perubahan warna kulit.

Ada beberapa jenis pigmentasi kulit – beberapa mungkin merespons pengobatan, dan beberapa mungkin tidak. Jenis pigmentasi kulit yang paling umum dibahas pada bagian berikut.

Jenis Pigmentasi Kulit

  • Bintik Usia & nbsp; Atau Matahari & nbsp; Lentiginosis (Bintik Hati): & nbsp; Ini adalah jenis pigmentasi kulit yang paling umum dan terbentuk karena kerusakan akibat sinar matahari. Mereka ditemukan di area yang sering terpapar sinar matahari.
  • Melasma atau Chloasma: & nbsp; Ini ditandai dengan bintik-bintik yang mirip dengan bintik-bintik penuaan tetapi menutupi area yang luas pada kulit. Bintik-bintik ini sebagian besar muncul karena perubahan hormonal. Misalnya, selama kehamilan, hormon dapat memicu produksi melanin berlebih dan menyebabkan penggelapan kulit.
  • Bintik-bintik (Ephelides): & nbsp; Ini disebabkan oleh paparan sinar matahari. Muncul sebagai titik dan bintik kecil di area wajah dan bahu Anda.
  • Hiperpigmentasi Pasca-Peradangan (PIH): & nbsp; Ini adalah kondisi di mana kulit Anda memiliki bekas atau bintik-bintik sebagai akibat dari cedera, luka bakar, jerawat, atau perawatan kimiawi agresif. Ini juga disebut & nbsp; hipopigmentasi .

Anda mungkin juga menghadapi gangguan pigmentasi kulit seperti:

  • Vitiligo: & nbsp; Ini adalah kondisi auto-imun, dan penyebabnya masih belum diketahui. Melanosit (sel penghasil melanin) berhenti bekerja dan menyebabkan bercak ringan pada kulit Anda. Kondisi ini dapat mempengaruhi salah satu atau semua bagian tubuh Anda.
  • Albinisme: & nbsp; Ini adalah kelainan genetik. dan Orang dengan albinisme tidak menghasilkan cukup & nbsp;

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *